CIRI-CIRI KHAWARIJ
Berkata Prof. Dr. Muhammad Tahir al-Qadri hafizhahullah dalam Fatwa on Terrorism and Suicide Bombings yang dalam bahasa Indonesia berjudul Fatwa Tentang Terorisme dan Bom Bunuh Diri:
Jika kita kumpulkan seluruh hadith yang dilaporkan dan dinyatakan oleh para Shahabat Rasulullah shalallahu alayhi wa sallam tentang Khawarij, maka kita akan dapat mengembangkan sebuah gambaran deskriptif yang komprehensif tentang mereka. Yaitu;
أحداث الأسنان.
1. Mereka berusia muda.
سفهاء الأحلام.
2. Mereka berpemikiran dangkal.
كث اللحية.
3. Mereka berjanggut lebat.
مشمر الإزار.
4. Mereka memakai kain (celana) yang menggantung di atas mata kakinya.
يخرج ناس من قبل المشرق.
5. Mereka akan keluar dari arah timur.
لا يزالون يخرجون حتى يخرج آخرهم مع المسيح الدخال.
6. Mereka akan terus bermunculan, sampai generasi terakhir mereka muncul bersama al-Masih al-Dajjal.
لا يجاوز إيمانهم حناجرهم.
7. Iman mereka hanya sebatas kerongkongan mereka. (Artinya keimanan mereka sangat dangkal dan kualitan iman mereka tidak sesuai dengan tampilan lahiriyyahnya).
يتعمقون و يتشددون في الدين.
8. Mereka sangat berlebihan dan kaku dalam urusan agama.
يحقر أحدكم صلاته مع صلاتهم و صيامه مع صيامهم.
9. Orang mukmin akan merasa rendah diri jika dia membandingkan shalat dan shaumnya dengan shalat dan shaum mereka (orang-orang Khawarij).
لا تجاوز صلاتهم تراقيهم.
10. Shalat mereka hanya sebatas kerongkongan (artinya shalat mereka tidak berpengaruh terhadap karakter dan akhlak mereka).
يقرؤون القرآن ليس قرائتكم إلى قرائتهم بشيءٍ.
11. Mereka akan membaca al-Qur’an, bahkan bacaan kalian tidak seberapa jika dibandingkan dengan bacaan mereka.
يقرؤون القرآن لا يجاوز حلوقهم.
12. Bacaan al-Qur’an mereka hanya sebatas kerongkongan mereka.
يقرؤون القرآن يحسبون أنه لهم، وهو عليهم.
13. Mereka membaca al-Qur’an dan menyangka al-Qur’an akan membela mereka, padahal al-Qur’an akan melawan mereka.
يدعون إلى كتاب الله و ليسوا منه في شيء.
14. Mereka nampak mengajak manusia kembali kepada al-Qur’an, padahal al-Qur’an tidak memiliki hubungan apapun dengan mereka.
يقولون من خير خلق البرية.
15. Mereka akan berkata dengan perkataan sebaik-baik manusia (artinya mereka akan menggunakan slogan agama dan membuat perintah-perintah agama).
يقولون من أحسن الناس قولا.
16. Slogan dan pretensi mereka akan lebih baik dari orang lain, bahkan sangat berpengaruh.
يسيئون الفعل.
17. Mereka berperilaku buruk (suka memaksa, kasar, haus darah, dan menyukai kekerasan).
هم شر الخلق و الخليقة.
18. Mereka adalah makhluk terburuk.
يطعنون على أمرائهم و يشهدون عليهم بالضلالة.
19. Mereka akan melaknat pemerintah kemudian menyatakan bahwa mereka telah sesat.
يخرجون على حين فرقة من الناس.
20. Mereka akan muncul ketika manusia berada dalam keadaan konflik.
يفسكون الدم الحرام.
21. Mereka menumpahkan darah haram (artinya mereka meyakini bahwa membunuh warga sipil muslim dan non-muslim adalah dibolehkan).
يقطعون السبيل يسفكون الدماء بغير حق من الله و يستحلون أهل الذمة (من كلام عائشة).
22. Mereka akan memblokade/meneror di jalan-jalan, menumpahkan darah tanpa hak dari Allah, kemudian mereka akan melegalkan pembunuhan warga sipil non-muslim (sebagaimana perkataan ‘A’isyah r.ha.).
يؤمنون بمحكم و يهلكون عند متشابهه (قول ابن عباس).
23. Mereka beriman terhadap ayat-ayat Muhkamat dan terjerumus sesat dalam ayat-ayat Mutasyabihat/Tasybih wa Tajsim (sebagaimana perkataan Ibnu Abbas r.a.).
يقولون الحق بألسنتهم لا يجاوز حلوقهم (قول علي).
24. Mereka akan mengatakan sesuatu yang benar yang hanya sebatas kerongkongan mereka saja (sebagaimana perkataan ‘Ali a.s.).
ينطلقون إلى الآيات نزلت في كفار فيجعلوها على المؤمنين. (من قول ابن عمر).
25. Mereka akan mengutip ayat yang diturunkan untuk orang kafir, kemudian mereka menerapkannya terhadap orang-orang mukmin (sebagaimana perkataan Ibnu Umar r.a.).
يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية.
26. Mereka keluar sangat cepat dari agama, seperti anak panah yang melesat dari busurnya.
الأجر العظيم لمن قتلهم.
27. Pahala besar bagi orang yang bisa membunuh mereka.
خير قتلى من قتلوه.
28. Korban terbaik adalah orang yang dibunuh oleh mereka.
شر قتلى تحت أديم السماء.
29. Mereka (Khawarij) adalah korban terburuk di kolong langit.
إنهم كلاب النار.
30. Mereka adalah anjing-anjing neraka.
31. Mereka menyatakan wajib untuk menggelorakan pemberontakkan bersenjata melawan pemerintah buruk dan zhalim.
32. Mereka menyatakan bahwa muslim yang melakukan dosa besar adalah kafir.
33. Mereka menyatakan bahwa membunuh dan menjarah muslim perlaku dosa besar adalah halal.
34. Mereka akan berkumpul di tempat-tempat tertentu sebagai pusat aktivitas terrorisme –sama seperti mereka menggunakan daerah Harurah sebagai markasnya-.
35. Mereka akan menolak semua bentuk negosiasi dengan pihak musuh
#############
CATATAN
1. Postingan di atas adalah hasil copas
2. Semua perintah Nabi SAW untuk membunuh Khawarij khitabnya kepada waliyyul amri atau pemerintah karena semua hal dalam bab jinayat dalam fikih pelaksananya harus pemerintah, bukan personal. Demikian keterangan syeikh-syeikh Azhar.
3. Poin 5 banyak ulama yang menafsirkan arah timur sebagai Nejd (sekarang Riyadh). Musailamah al Kadzdzab juga muncul dari sini.
4. Poin 15 dan 16 juga bisa dipahami bahwa mereka sering berargumen dengan hadits Nabi SAW (meskipun salah istidlal) karena hadits adalah perkataan manusia terbaik (خير خلق البرية ، من أحسن الناس قولا). Ini tak mengherankan, karena sebagaimana Al Quran bisa serampangan ditafsirkan, demikian juga hadits. Saya juga mendengar keterangan ini dari beberaa syeikh.
5. Poin 31-35 sepertinya diambil dari keterangan para ulama tentang madzhab khawarij dan definisanya yang terdapat dalam kitab-kitab ilmu kalam.
6. Ada ciri lain yang tak disebutkan. Diantaranya,
- jargon mereka adalah menegakkan keadilan padahal mereka sendiri tak adil, bahkan kepada orang teradil, yakni Nabi SAW. Diambil dari hadits perkataan Dzil Khuwaishirah kepada Nabi: اعدل يا محمد فإنك لا تعدل
- suka menyebut Nabi dan juga orang shalih lainnya tanpa penghormatan. Sebagaimana Dzil Khuwaishirah memanggil Nabi dengan langsung nama tanpa pengagungan sama sekali.
- para pembesarnya selalu berasal dari kaum Arab baduwi dimulai dari Dzil Khuwaishirah. Ini diambil dari hadits (ويل للعرب من شر قد اقترب ، ويتكلمون بألسنتنا)
Lisan juga bisa diartikan bahasa.
Comments
Post a Comment