Tantangan Azab dari Abu Jahal


 Tantangan Azab dari Abu Jahal •


Abu Jahal termasuk penentang utama dakwah Nabi Muhammad saw. Dia sangat yakin Muhammad salah. Di sisi lain, pun amat yakin bahwa dirinya benar. 

Abu Jahal mengerti cerita-cerita umat terdahulu. Banyak umat diazab Allah secara langsung gara-gara menentang ajakan Nabi-nya.

Nah, Abu Jahal sedang menentang Muhammad. Sehingga dia pun merasa "pantas" diazab, jika memang Muhammad itu benar seorang nabi utusan.

Nyatanya nggak ada tuh azab yang diturunkan pada Abu Jahal.

Tantangan Abu Jahal diriwayatkan Al-Bukhari dalam Shahih-nya:

 عن أنس بن مالك- رضي الله عنه-:

قال أبو جهل: اللهم إن كان هذا هو الحق من عندك، فأمطر علينا حجارة من السماء، أو ائتنا بعذاب أليم.


Abu Jahal bilang:

"Ya Allah, jika memang orang ini benar (utusan) dari-Mu, maka azablah kami dengan hujan batu. Atau timpakan kepada kami azab yang pedih."


Pertanyaannya, 

Tantangan ini dijawab oleh Alquran dengan sangat baik?

Surat apa dan ayat berapa?


Jawabannya:


Ada di dalam Surah al-Anfāl [33-34]:

وَما كانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَما كانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ* وَما لَهُمْ أَلَّا يُعَذِّبَهُمُ اللَّهُ وَهُمْ يَصُدُّونَ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرامِ [الأنفال: 33، 34]

"Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan."

"Dan mengapa Allah tidak menghukum mereka padahal mereka menghalang-halangi (orang) untuk (mendatangi) Masjidilharam dan mereka bukanlah orang-orang yang berhak menguasainya? Orang yang berhak menguasai(nya), hanyalah orang-orang yang bertakwa, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui."

Comments