Apakah SMP Cahaya Quran Menerima Siswa Pindahan?

 


》Siswa Pindahan 

 "Apakah SMP Cahaya Quran menerima siswa pindahan, Pak?" tanya seorang wali murid. 

Agak bingung jawabnya. Karena tema ini belum pernah dibahas dalam rapat guru dan pengurus. Semua sepakat fokus untuk mengurus dan menemani anak-anak yang sudah masuk sejak awal ajaran baru. 

Apalagi selama 3 bulan pertama di SMP Cahaya Quran, anak-anak generasi awal ini mendapatkan bekal materi khusus. Tidak sekadar mata pelajaran, tapi ada teknik-teknik dan metode belajar khusus. 

Pun ada materi tambahan numerasi dan literasi. Khusus kegiatan literasi, hasilnya hingga hari ini anak-anak sudah baca lebih 50 judul buku. Bahkan ada yang lebih. 

Dan (yang istimewa) mereka sanggup membuat slide power point--sebagai bekal untuk presentasi buku yang sudah dibaca. Di hadapan guru dan teman-teman kelasnya.

Hal-hal seperti itu, menurut pemikiran saya akan sulit dikejar oleh anak yang baru gabung. 

"Sebentar, nggeh... Saya harus bicarakan dulu dengan guru-guru lainnya," akhirnya saya belum bisa jawab pasti.

Rapat dengan guru, konsultan sekolah dan yayasan. Hasilnya BOLEH DITERIMA. Teknisnya bagaimana cara supaya si anak bisa mengejar ketinggalan, adalah tugas para guru menyusun SOP. 

Kami pun rapat. Agak panjang juga diskusinya untuk nyusun teknis dan SOP-nya. 

Alhamdulillah... SOP teknis penerimaan dan perlakuan kepada santri baru sudah disusun. Yang insya Allah, menurut teori kami (di atas kertas) akan bisa mengejar ketertinggalan paling tidak 75%.

Salah satu keputusan SOP ialah anak baru pindahan mulai masuk ke pondok hari Jumat pagi. Langsung masuk sekolah hari itu juga. Alasannya, tentu saja menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kami; para guru dan musyrif di asrama, serta penyesuaian tempat belajar baru.

Sekalipun sebenarnya, Ketua Yayasan (Ustadz Shorih Kholid) pengennya mulai masuk hari Ahad atau Rabu. Meniru yang biasa dilakukan di #pondokkranji saat awal masuk setelah liburan. 

 =========

SMP CAHAYA QUR'AN

islamic Boarding School 

 - Berkarakter Qur'ani 

 - Berakhlak Mulia 

 - Unggul dalam Prestasi 

 Info dan Indent TP 2022/2023: WA : 0857-3029-8966 *karena keterbatasan fasilitas, kuota tahun depan hanya untuk 40 santri.

Comments