Juknis Training Effective Learning for Teacher by SMP Cahaya Quran Islamic Boarding School


Ada beberapa teknik modern dalam membantu efektivitas pembelajaran siswa. Di antara teknik tersebut bisa kita sebutkan di sini ialah: Speed Reading, Master Memory, dan Mind Mapping.

Speed Reading merupakan teknik membaca tuntas, paham, dan cepat. Pada umumnya, kita mampu membaca dan memahami teks dengan baik, namun waktu yang dibutuhkan terlalu lama. Padahal, teks/buku yang mesti dibaca itu masih banyak. Dengan pelatihan speed reading, para peserta akan diajarkan teknik membaca cepat dan paham dengan target 1 halaman kurang dari 20 detik.

Master Memory merupakan teknik menghafal kosakata, teks, nama, bahkan nomor HP dengan cepat dan kuat. Teknik ini jarang diajarkan di sekolah-sekolah. Selain keterbatasan tenaga pengajar, tidak banyak orang yang mampu mengajarkannya.

Mind Mapping merupakan metode untuk memaksimalkan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Teknik ini akan memudahkan seseorang dalam memahamidan mendeskripsikan suatu hal atau materi yang sulit. Dengan metode mind mapping, siswa akan lebih fokus pada poin penting materi yang dipelajari.

Ketiga teknik tersebut akan diajarkan secara intensif dalam Training Effective Learning for Teacher yang akan digelar di SMP Cahaya Quran Islamic Boarding School Babat Lamongan. Harapannya, bekal pelatihan ini bisa menjadi modal awal bagi para guru (peserta) untuk diajarkan kembali kepada para murid-muridnya.

 

Kegiatan ini merupakan support dari Ummi Foundation Pusat dan PT Riung Mitra Lestari, yang berkantor pusat di Bekasi. PT Riung dan Ummi Foundation sudah sejak lama berkolaborasi menggelar berbagai pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan mutu sekolah dan kualitas tenaga pendidik—khususnya yang ada di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Comments