Sumber Ngaji yang Berlimpah

 


• Sumber yang Berlimpah • 


Zaman sekarang itu, mau ngajar kitab, mestinya jaaaauh lebih mudah nyari referensi. Seperti saya, di asrama PP Cahaya Quran setiap sore ngajar Kitab Safinatun Naja. 


Untuk menjelaskan matan Kitab Safinah yang ringkas itu, saya perlu banyak sumber. Alhamdulillah, hari ini sumber itu berlimpah. Apalagi untuk kitab matan populer seperti Safinah ini.


Saya dengan mudah mendapatkan 2 kitab syarah yang jadi rujukan bacaan saya sebelum ngajar. 


1. Kitab Kasyifatus Saja - karya Syaikh Nawawi al-Bantani. Kitab ini mudah diperoleh di toko-toko kitab. Di rak lemari juga ada. Kalau keselip, ya tinggal download pdf-nya juga banyak tersedia di online. Buka di HP beres. 


2. Kitab Nailur Roja - karya Sayyid Ahmad bin Umar as-Syathiri. Ulama kenamaan asal Yaman. Pas sekali, penyusun Safinah adalah ulama asal Yaman, dan disyarah oleh ulama asal Yaman pula.


Dua kitab ini jadi rujukan awal saya sebelum ngajar Safinah. 


Selain itu, jika mau tambahan materi, banyak pula terdapat rekaman ngaji Safinah di Youtube. Saya sempat ngitung sekilas, ada 10 an lebih masyayikh yang menjelaskan kitab ini.


Jadi, kalau seorang guru kekurangan modal materi ketika hendak ngajar Safinah, ya tinggal buka Youtube saja. Atau buka kitab syarahnya saja. Banyak kok. 


Tinggal, mau apa enggak?! 


#ppcahayaquran #pondokbabat

Comments