Check List sebagai Tiket Rihlah ke Bromo


• Check List • 

"Ustadz, saya nggak ikut ke Bromo saja," ujar salah satu santri hampir menyerah, setelah kesekian kalinya setor dan belum lancar. Dia keberatan harus setor hafalan Surah Al-Waqiah sesuai target di kelasnya.

"Lho, gak boleh gitu. Itu namanya putus asa," ujar gurunya.

"Tapi sulit Ustadz," jawabnya lagi.

"Emang di dunia ini, apa yang nggak sulit?" tanya Ustadz balik.

"Kesuksesan, prestasi, kekayaan, jabatan, dan persaingan dalam hidup ini nggak ada yang mudah. Semuanya sulit. Semmmmuanya butuh perjuangan."

"Kalau Sampean menghadapi hal kecil seperti ini saja menyerah, kelak sampean akan terbiasa menyerah ketika menghadapi setiap kesulitan. Padahal, kesulitan itulah sejatinya yang menjadi jalan kesuksesan," pesan Ustadz panjang lebar.

"Ayo, nderes lagi. Terus, kalau merasa sudah bisa, murojaah dengan temannya dulu. Biar tahu salahnya di mana. Bagian yang salah, ditandai. Biar bisa diulang-ulang saat nderes."

"Kalau sudah mantab, baru setoran ke ustad," lanjut nasihat Ustadz berikutnya.

=== 

Begitulah, cara kami di SMP CAHAYA QURAN Islamic Boarding School Babat Lamongan ketika hendak mengadakan kegiatan yang menarik minat siswa.

Seperti kali ini, keluarga besar PPCQ mau rihlah ke Bromo. 

Untuk masuk daftar peserta rihlah, selain membayar biaya transportasi, juga harus melewati 4 tahapan check list.

Materi check list meliputi kemampuan di KI/KD pelajaran IPA, MTK, BINDO, dan hafalan/jilid. 

Alhamdulillah, lewat lembaran check list yang kami berikan sejak awal Pebruari lalu, hari ini hampir semuanya lulus, meskipun dengan berbagai drama dan "ancaman" santri kabur atau nggak ikut rihlah.

PPCQ akan tegas dengan sistem ini. Yang nggak lulus check list, ya terpaksa tidak diikutkan rihlah.

Comments