Mondok Tura-turu, Dadi Opo?


• Mondok Tura-turu • 

"Arek iku lho, disek di pondok tidur mulu. Gak pinter. Ngaji mesti ngantuk. Sekolah juga sering terlambat. Kok sekarang hidupnya bisa mulia seperti itu, ya..." ungkapan yang sering kita dengar. "Barokah iku."

Kalau menurut saya, kesuksesan dia di masa mendatang hidupnya, adalah akumulasi dari kebaikan-kebaikan (amal sholeh) yang dilakukannya secara istiqomah selama sekian lama (di pondok).

Apa amalan andalan di pondok?

Di semua pesantren.

Jawabannya, SHOLAT JAMAAH.

Di pondok mana pun, sholat jamaah jadi sebuah kewajiban yang mesti dilakukan (dan di awal waktunya). Ini jelas amalan luar biasa. 

Santri yang mondok, insya Allah selalu terjaga sholat jamaahnya lewat sistem dan peraturan yang diterapkan pengasuh/pondok. Dan, amaliah hebat ini berhasil dia lakukan konsisten selama bertahun-tahun. Padahal, orang yang berhasil sholat jamaah 40 hari berurutan saja, fadhilahnya luar biasa besar. Apalagi ini bertahun-tahun!!!

Beda kalau anak tidak mondok.

Jangankan jamaah, zaman sekarang anak sudah rutin (tidak lupa) sholat lima waktu saja luar biasa. 

Seringkali anak keasyikan bermain game (di dunia maya), lupa Zuhur, lupa Asar, bahkan begadang kemalaman. Subuhnya kesiangan.  Ketika bangun, entah masih ingat qodho' sholat atau langsung budal main lagi. 

Padahal usianya sudah baligh.

Sudah wajib sholat 5 waktu.

Syukur-syukur kalau orangtuanya keras dan peduli, memperhatikan si anak hingga qodho' sholatnya. Terkadang, orangtua hanya menyuruh lalu sibuk dengan pekerjaan hariannya.

Sementara di pondok,

Anak akan didedepi pengurus sampai benar-benar selesai sholat. Qodho' jam 7 pagi sekalipun. Sehingga, di masa dewasanya mendatang, akan tertanam dalam benaknya bahwa sholat itu kalaupun sudah lewat jamnya, masih tetap wajib dilaksanakan. Yakni قضاء sebagai ganti أداء. 

Nah,

Akumulasi kebaikan² dan amal sholeh yang dilakukan selama di pondok itulah yang kelak akan memberikan manfaat besar bagi kehidupannya saat dewasa.

Jadi,

Tidak mengherankan; Jika ada di antara kita yang menemui santri dulu di pondok tura-turu, tapi ketika dewasa ilmunya bermanfaat, kehidupannya bermartabat.

Shorih Kholid New 

PP Cahaya Quran - Babat

========


SMP CAHAYA QURAN 

Islamic Boarding School Babat Lamongan 

- Hafal Minimal 5 Juz 

- Tuntas Matpel UN 

- Pembinaan karakter 24 di asrama 

- Baca Kita Metode Al Miftah Sidogiri 

- Bahasa Arab intensif di asrama Program Kerjasama dengan Markaz Arabiyah Pare Kediri 

- Bahasa Inggris Intensif di asrama kerjasama dengan lembaga Kursus di Pare Kediri.

- Literasi dan penerbitan buku karya anak (1 semester, terbit 1 buku).


Info & Indent Santri 📱+62 896-2077-5166


#Smpcahayaquran #ppcahayaquran #pondokbabat #sekolahboarding

Comments