Lepas Kontingen Jambore, Ka Kwarcab Bekali dengan Lamongan Megilan

LAMONGAN - Ka Kwarcab Lamongan, Kakak Moh Nalikan melepas 40 anggota pramuka Kontingen Lamongan di Ruang Widya Loka Kantor Diknas Lamongan, Ahad (1/10). Peserta akan mewakili Lamongan dalam Kegiatan Jambore Daerah Jawa Timur, di Tuban 2 s.d. 7 Oktober 2023 mendatang.

Peserta kontingan berasal dari berbagai sekolah negeri dan swasta tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Lamongan. 

Kakak Farikh, sekretaris Cabang Pramuka Lamongan, dalam sambutannya berpesan kepada seluruh anggota kontingen agar memanfaatkan dengan baik kesempatan langka mengikuti Jambore ini.

"Jambore ini dilaksanakan hanya 5 tahun sekali. Andai di antara Anda semua saat ini kelas 7, pasti tidak akan mengalami jambore yang sama kedua kali di tingkat SMP/MTs," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ka Kwarcab Kakak Moh Nalikan, ditemani Ka Dinas Lamongan, Munif Syarif, memberikan tujuh bekal kepada anggota kontingen Lamongan,

"Saya berpesan kepada adik-adik, di Jambore nanti agar membawa nama baik Lamongan. Kita terkenal dengan slogan LAMONGAN MEGILAN," pesan Kakak Nalikan penuh semangat.

"MEGILAN itu bukan asal-asalan. Ada 7 pesan yang tertuang dalam kata tersebut." 

Selanjutnya, beliau menjelaskan 7 bekal Lamongan Megilan.

MEGILAN 》

M: Mandiri. 

Berdiri sendiri, siap bekerja sendiri, dan tidak bergantung pada orang lain.

E : Elegan. 

Lamongan terkenal dengan gudangnya orang pintar dan berhasil. Kalian sebagai generasi muda, harus bisa meniru orang-orang Lamongan yang sudah berhasil dan sukses. Tunjukkan kalian juga bisa.

G: Energik

Tunjukkan wong Lamongan itu tidak klemar klemer. Sat set dan kerja dan melaksanakan tugas. Tunjukkan etos kerja yang tinggi. Lihat orangtua kita bekerja keras mencari nafkah dan berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi kalian.

I : Inovatif.

Selalu mencari dan berpikir untuk berbuat inovasi terbaik bagi sekitar.

L : Loyal.

Maksudnya, taat pada aturan yang ada. Mentaati peraturan di sekolah, peraturan jambore, aturan lalu lintas, maupun aturan dalam kehidupan bermasyarakat.

A : Adaptif. 

Kalian di mana pun pasti akan bertemu dengan orang yang punya berbagai macam karakter. Ada yg nesuan, loman, baik, jahat, atau muacem-macem lainnya. 

Kalian harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri menghadapi mereka. Tentu saja dengan cara yang baik.

N : Nyaman.

Adik2 harus jadi penggerak di mana pun berada. Jadi orang yang nyaman dan memberi kenyamanan saat bekerja maupun berorganisasi. 

Orang Lamongan terkenal ketika bekerja, berhubungan, dan berbisnis dengan orang Lamongan itu mereka merasa nyaman. Buktinya, tidak ada orang Lamongan bekerja atau membuka usaha di tempat lain yang terusir.

"Oleh sebab itu, jangan minder. Jangan grogi. Tunjukkan karakter orang Lamongan di mana pun. Terutama saat Jambore Daerah se-Jawa Timur besok," pungkas Kak Nalikan. 

Bisma, salah satu peserta Jambore Kontingen Lamongan, mengaku bangga dan akan berusaha maksimal memberikan yang terbaik dalam momen Jambore kali ini.

"Saya bersama teman-teman pramuka Kontingen Lamongan akan berusaha maksimal melakukan yang terbaik di event jambore Daerah Jawa Timur kali ini," ujarnya.

Siswa SMP Cahaya Quran Islamic Boarding School Babat ini lebih lanjut memohon doa restu semua warga Lamongan agar kontingan diberikan kesehatan dan kekuatan selama kegiatan 1 minggu ke depan.[KHO]

Comments